8 Tips Memilih Kontraktor Rumah dengan Mudah

Tips memilih kontraktor rumah salah satu nya adalah kontraktor yang memiliki keahlian dan menghasilkan pekerjaan yang lebih terorganisir agar selesai tepat waktu. Kontraktor adalah salah satu pihak yang memang sudah memiliki pengalaman dalam hal bangunan. Kontraktor juga sudah mengetahui secara detail bagaimana cara pekerjaan dan material apa yang yang cocok dan bagus untuk digunakan. Selain itu, pekerjaan kontraktor memang sudah jelas lebih terorganisasi, sangat berbeda dengan pemborong yang semua orang bisa menyatakan bahwa dia adalah seorang pemborong.

Tips Memilih Kontraktor

1. Kejelasan 

Tips untuk anda jika anda ingin merenovasi rumah maka pilihlah kontraktor yang jelas. Apakah memang benar sebagai kontraktor atau bukan. Maka ini adalah langkah pertama dan terpenting yang harus anda perhatikan. Kontraktor yang jelas dan sudah memiliki pengalaman yang bertahun – tahun akan menjamin hasil yang berkualitas. Anda sebagai orang yang akan membangun atau merenovasi bisa melacak apa saja pekerjaan yang telah dikerjakan oleh kami dan bagaimana dari hasil yang kami kerjakan.

2. Pengecekan Hasil Kerja 

Salah satu cara yang sangat aman bagi anda maka anda sesekali menyempatkan waktu untuk mengecek atau mendatangi lokasi yang sedang kami kerjakan atau lokasi yang pernah kami kerjakan untuk melihat hasil yang memuaskan bagi pemiliknya. Jangan mudah tergiur dengan omongan – omongan atau foto – foto bangunan yang diberikan kepada anda, lebih baik anda melihat secara langsung ke lokasi.

3. Rekomendasi

Mereka yang sudah puas dengan hasil kerja kami maka mereka tak akan segan memberikan rekomendasi kepada anda yang ingin membangun rumah atau merenovasi rumah dengan menggunakan jasa dari tim kami. Rekomendasi juga salah satu cara anda bisa percaya dengan tim kami, karena orang yang sudah berani rekomendasi itu berarti bahwa dia telah merasakan hasil yang memuaskan dari tim kerja kami. Berani rekomendasi itu tandanya sudah berani bertanggung jawab atas apa yang telah mereka rekomendasi kan.

4. Tim Kerja 

Kontraktor tidak akan mungkin bisa mengerjakan pekerjaan dengan sendirian, Maka dari itu kami memiliki pihak – pihak yang memang sudah ahli dalam pekerjaannya. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan hasil pekerjaan kami. Tim kerja kami sudah memiliki pengalaman yang bertahun tahun sehingga tidak akan mengecewakan anda sebagai pemilik rumah.

5. Spesialisasi

Kami adalah tim yang memang sudah memiliki keahlian yang khusus karena kami sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai bentuk rumah yang anda inginkan. maka anda tak perlu khawatir lagi, jika anda ingin membuat atau merenovasi dengan model terbaru maka anda bisa hubungi kami. Kami akan siap menerima komplain dari anda jika pekerjaan kami kurang rapi.

6. Berpengalaman

Hal yang sangat penting untuk menjamin hasil kerja yang berkualitas dan memuaskan. Semakin banyak pengalaman dalam hal renovasi atau membangun dari awal suatu bangunan maka hasil pekerjaannya sangat menjanjikan sekali. Pengalaman yang baik akan kami pertahan kan dan akan kami gunakan untuk memperlancar pekerjaan kami, apabila kami dan tim mengalami pengalaman yang buruk maka kami dan tim akan memperbaiki semaksimal mungkin.,

7. Harga

Memilih kontraktor dengan harga yang bersahabat dan dengan hasil yang berkualitas tetapi juga juga memilih kontraktor yang dengan menawarkan harga borongan paling murah. Anda juga harus berhati – hati, apabila harga murah tersebut bisa masuk akal dan bisa menghasilkan yang berkualitas tidak apa – apa. tetapi jika harga yang ditawarkan sangat murah dan meragukan lebih baik anda memilih yang lain saja. Kalau anda nekat maka nanti anda akan mengalami kerugian yang sangat besar. Jangan sekali percaya dengan iming – iming harga yang murahan dan hasil yang kualitas.

Sudah sering dan banyak kejadian ada kontraktor yang mengiming – imingi harga murah dan kualitas bagus, tetapi kenyataannya tim kontraktor tersebut meninggalkan lokasi dengan pekerjaan yang banyak belum selesai. Cari lah kontraktor yang memberikan harga borongan yang bersahabat atau yang wajar karena setiap usaha pasti menginginkan keuntungan. kontraktor yang paham akan hal riba maka tidak akan mengambil keuntungan lebih dari 30%.

8. Tanggung Jawab 

Apakah kontraktor yang anda pakai bisa memberikan kepercayaan kepada anda atas hasil pekerjaannya. Bahwa kontraktor tersebut akan memberikan garansi maksimal selama satu tahun apabila ada konflik dalam pekerjaannya maka kontraktor yang baik akan bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Contoh konflik yang dialami seperti atap bocor maka apabila anda menghubungi kontraktor yang pernah banda gunakan maka kontraktor tersebut akan datang dan akan menyelesaikan masalah yang terjadi. Kontraktor yang baik tidak akan memutuskan hubungan jika pekerjaan dan tanggung jawabnya belum selesai. Karena tanggung jawab dari kontraktor akan membuahkan hasil.

Baca Juga :

Sehingga memang sangat sulit untuk anda bagaimana cara mengukur kualitas cara kerja. Itu lah tips memilih kontraktor yang bisa anda perhatikan jika anda ingin membangun rumah.

Kualitas Kerja

1. Tepat Waktu

Dalam hal pekerjaan, ketepatan waktu adalah hal yang sangat penting, karena ketepatan waktu menunjukkan bahwa kita disiplin dan bertanggung jawab dengan apa yang sedang di kerjakan. Dalam membangun rumah, ketepatan waktu sangat di nomor satu kan, karena apabila mengalami waktu yang molor maka pekerjaan tidak akan selesai dengan tepat waktu dan akan ada kemungkinan kerugian diantara ke dua belah pihak yang bersangkutan. Dalam hal pembangunan, kontraktor sudah terikat kontrak dengan pemilik bangunan dan pihak kontraktor juga sudah menyantum kan berapa lama proses pekerjaan, Berbeda dengan pemborong yang sudah terbiasa dengan perkiraan proses pekerjaan.

2. Hasil Pekerjaan 

Kontraktor yang baik sudah terbiasa memberikan garansi pekerjaan kepada pihak rumah atau pemilik bangunan atas apa yang telah dikerjakan. Tim kontraktor akan memberikan jaminan dam akan memberikan tenaga yang cuma – cuma jika ada masalah pekerjaan dalam membangun rumah.

3. Tidak Perlu Pengawasan Ketat

Kami sebagai pihak kontraktor yang sebagai pekerja rumah anda, kami sadar benar tentang pengawasan, kami tidak menginginkan pengawasan yang terlalu ketat dari pihak rumah atau pemilik bangunan. Misalnya seperti pemilik rumah menjadi mandor setiap hari, membelikan material, mengawasi setiap pekerjaan yang dilakukan dan lain sebagainya. Maka dari itu kami sebagai kontraktor rumah anda siap mengambil alih pekerjaan yang sering pemilik rumah lakukan. Karena kami dan tim akan membantu pekerjaan tersebut dan mengambil alih karena kami sudah terlatih dengan pekerjaan seperti itu.  

Sistem Kerja

Masing – masing pekerjaan memiliki bentuk pekerjaan yang berbeda – beda. Tetapi sistem kerja yang telah dibentuk dalam suatu tim yang akan bekerja sama dengan kontraktor biasanya memang sudah di klasifikasi kan menjadi beberapa jenis dalam memiliki sistem hubungan kerja yaitu

  • Memiliki sistem borongan full
  • Memiliki sistem borongan upah kerja
  • Memiliki sistem borongan upah harian
  • Memiliki sistem kerja harian dan Komisi.

Bisa kami jelaskan apa yang di maksud dari sistem hubungan kerja diantaranya

  • Memiliki sistem borongan full

Kenapa bisa disebut dengan sistem borongan full karena dalam sistem ini memiliki penerapan pada sistem borongan full yaitu borongan yang telah di total kan dari harga satuan dari setiap item nya yang akan dikerjakan dan sudah termasuk dalam hitungan jasa pemasangan. Sostem borongan full ini yang sudah paling sering di gunakan dalam pekerjaan kontraktor karena sistem borongan ini lebih gampang dalam pembayarannya bisa dilakukan dengan pencapain sesuai dengan persentase dalam proses pekerjaan.

Bahan yang akan di pasang dan bagaimana cara pemasangan nya bahan tersebut maka bisa menentukan suatu besarnya nikai kontrak. Maka semakin tinggi kualitas bahan yang akan di gunakan dan akan di pasang maka akan menentukan nilai yang mahal dan bisa di lihat dari harga persatuannya. Perlu anda ketahui juga bahwa harga satuan memiliki nominal harga yang berbeda dari setiap daerahnya.

  • Memiliki sistem borongan upah kerja

Pada sistem borongan upah kerja ini adalah sistem yang cara pembayarannya akan dilakukan apabila pekerjaan sudah selesai dilakukan. Dalam sistem borongan upah kerja ini bahan – bahan atau material yang akan digunakan serta peralatan yang dibutuhkan di siapkan oleh pemilik rumah. Sebelum anda menentukan sistem borangan upah kerja ini seharusnya anda sebagai pemilik rumah mempertimbangkan terlebih dahulu soal biaya dan waktu yang nanti nya akan diperlukan, karena tingkat kesulitan dalam pekerjaan dan dalam penggunaan bahan material yang akan disesuaikan dengan model dan desain rumah yang di inginkan oleh pemiliknya. Sehingga hasilnya bisa sesuai dengan apa yang di harapkan oleh pemilik rumah.

  • Memiliki sistem borongan upah harian

Pada sistem borongan upah harian ini akan di lakukan jika anda atau pemilik rumah yang sudah mempunyai waktu yang sangat cukup untuk mengawasi jalan nya pekerjaan secara langsung. Dalam hal ini pemilik rumah atau pemilik bangunan harus menyiapkan barang material secara terus menerus agar proses pekerjaan tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Apabila anda sibuk dan tidak bisa mengawasi jalannya suatu pekerjaan maka anda harus mempersiapkan salah satu orang yang bisa anda berikan kepercayaan dan bisa mengontrol jalannya pekerjaan dengan baik.

  • Memiliki sistem kerja harian dan Komisi

Untuk sistem kerja harian dan komisi ini adalah sistem kerja yang memiliki perhitungan sendiri dari persentase seluruh pekerjaan yang dikerjakan. Kami tim kontraktor akan mendapatkan hasil beberapa persen dari total biaya pekerjaan yang sudah kami dan tim kerjakan sampai selesai. Untuk mendapatkan keuntungan dari persentase maka kami bisa dapatkan dari kesepakatan bersama dengan belah pihak atau dengan pemilik rumah. Pada sistem ini hasilnya masih transparan karena kami tim kontraktor akan melakukan sebuah laporan yang benar – benar jelas tentang besarnya suatu biaya yang dikeluarkan oleh pemilik rumah secara berkala.

Maka bisa disimpulkan bahwa bagi anda yang masih ragu dalam menggunakan jasa kontraktor yang seperti apa maka pilihlah jasa kontraktor yang menggunakan sistem borongan full karena semua pekerjaan yang akan dilakukan dan jumlah barang atau material yang akan digunakan sudah di total secara global dan anda tidak akan repot jika suatu saat ada yang kurang, karena pada sistem ini kedua pihak sudah setuju dari awal atau dari sebelum pekerjaan di mulai.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
kontraktor
Hubungi Kami
kontak

Pro Kontraktor

Kp Belakang Kel. Kamal RT 003/003 No.1
Kalideres, Jakarta Barat 11810

Pelaksana Proyek:
Phone 1 : 0853 6826 5989
Phone 2 : 0896 0461 1178
Phone 3 : 0813 1444 0757
Phone 4 : 0856 196 1980
Email : prokontraktor45@gmail.com