Jasa Bangun Ruko dan Proses Pekerjaannya

Ruko adalah singkatan dari Rumah Toko yang merupakan salah satu bangunan dan memiliki spesifikasi sendiri di dalam nya dan cara desain nya. Pada umumnya bahwa ruko ini hanya di bangun dengan bentuk atau model ruangan yang luas tanpa ada sekat – sekat kamar atau petakan – petakan ruangan. Tujuan dalam pembangunan ruko ini adalah untuk orang yang akan menjual produk atau jasa yang membutuhkan ruangan luas dan cukup besar untuk penempatan barang – barang atau benda apapun yang akan di jual.

Kami dan tim pro kontraktor siap melayani dan membantu anda untuk pembuatan ruko di wilayah jakarta dan sekitarnya. Kami akan tetap memberikan anda pelayanan yang memuaskan dan kami akan menawarkan harga yang bersahabat dengan kantong anda. Kami akan memberikan hasil yang layak dan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Kami akan mengikuti apa kemauan anda atau pemilik bangunan dan kami akan memberikan solusi yang terbaik untuk sekarang dan kedepan nya nanti.

Kami dari tim pro kontraktor akan memastikan terlebih dahulu bahwa tanah ini akan dibuat ruko dengan ukuran berapa dan akan di ukur luas tanah yang berada di lokasi, selain itu kami juga akan mengontrol target pasar di lokasi dan akses perjalanan ke ruko anda. Semuanya akan kami kerjakan secara profesional dengan bantuan tangan dari para tim kami yang memang sudah memiliki keahlian dalam bidang membangun ruko bertahun – tahun. Kami akan selalu mengutamakan kualitas, kesesuaian waktu yang telah di janjikan.

Apabila anda ingin mengetahui kepastian nya maka anda bisa langsung menghubungi kami dengan kontak yang sudah ada di profil kami. Maka dengan itu anda bisa melakukan langsung dengan :

  1. Menghubungi tim pro kontraktor melalui telp untuk menentukan jadwal survey
  2. Survei lokasi (gratis)
  3. RAB dan desain rumah luar dalam
  4. Persetujuan kontrak kerja
  5. Persiapan Kerja awal
  6. Konstruksi / Proses Pembangunan
  7. Finishing
  8. Maintenance

Ada beberapa spesifikasi untuk membangun sebuah ruko, berikut penjelasan dari spesifikasi yang akan di kerjakan :

1. Membuat Pondasi / Cakar Ayam

Dalam pembuatan ruko yang awet juga dibutuhkan bahan dang barang yang berkualitas juga. Pondasi cakar ayam adalah pondasi yang sering di gunakan pada bangunan.

  • Struktur yang digunakan pada pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam ini adalah salah satu jenis pondasi yang dangkal karena memiliki kedalaman dasar pondasi cakar ayam ini hanya sekitar 3 meter. Pondasi cakar ayam ini lebih kecil jika dibandingkan dengan lebar pada pondasi nya. Pondasi cakar ayam ini proses pekerjaannya yaitu menggantung pada lapisan permukaan tanah yang di bangun. Pondasi cakar ayam ini terdiri dari besi, ketebalan besi dan tergantung juga dengan keadaan tanah di bawahnya serta jenis konstruksi nya. Ketebalan yang di gunakan biasanya sekitar 10 sampai 20 cm. Untuk bagian bawah plat beton biasanya di buat sumur untuk pipa yang di berikan jarak sumbu sekitar 2 meter sampai 3 meter. Pondasi cakar ayam ini termasuk pondasi yang fleksibel karena plat pondasi pada cakar ayam masih tergolong tipis.

  • Mekanisme yang digunakan pada pondasi cakar ayam

Mekanisme pada pondasi cakar ayam ini untuk memikul beban yang berada di atasnya nanti. Apabila suatu beban yang bekerja di atas plat maka plat akan menjadi cekung karena tekanan dari beban tersebut. Cekungan tersebut selanjutnya akan membuat pondasi cakar ayam itu memberikan rotasi. Rotasi yang memiliki titik paling besar terletak pada bagian pondasi cakar ayam yang jaraknya sangat dekat dengan beban. Kondisi yang sangat cocok untuk menggunakan pondasi cakar ayam adalah kondisi yang memiliki beban – beban yang sangat berat dan bekerja pada jangka yang pendek.

Akan tetapi jika pondasi cakar ayam ini di gunakan untuk menopang beban yang memiliki sifat permanen atau tetap dan bekerja dalam jangka yang lama maka tekanan dalam pondasi cakar ayam ini yang pada dasar tanah yang berjenis lunak juga haru diperhitungkan kembali tentang penurunan konsolidasi. Karena pada dasarnya pondasi cakar ayam ini adalah pondasi yang memanfaatkan tanah yang bersifat pasif.

Karena pada dasarnya untuk ruko terdapat 2 lantai, 3 lantai bahkan ada yang sampai 4 lantai karena juga di gunakan sebagai tempat tinggal pemilik ruko. Tampak depan ruko sudah tidak asing lagi karena sering kita jumpai terdapat pintu keamanan yang khusus untuk anti maling yang sering di sebut dengan harmonika. Dan masih banyak lagi jenis ruko tergantung permintaan yang memiliki lahan tersebut.

Baca juga Cara Membuat Pondasi Rumah

2. Membuat Dinding

Untuk pembuatan dinding pada ruko maka metode yang di gunakan untuk pelaksanaan nya dalam pembuatan dinding bata atau pemasangan dinding bata yang di kerjakan langsung bersama tim. Keberhasilan dalam pemasangan dinding bata untuk setiap bangunan maka juga mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan selanjutnya.

3. Plester Dinding

Tujuan dari plester dinding adalah untuk membuat permukaan dinding agar dinding semakin rapi, bersih dan indah. Dalam plester dinding ini juga bisa menambah kekuatan pada dinding dan juga untuk menutupi ke cacatan pada dinding, plester juga berfungsi untuk melindungi dinding dari kondisi cuaca yang kadang berubah – ubah. Dengan adanya plester pada dinding maka permukaan pada dinding tidak mudah kotor dan mudah juga untuk di cat , dan mudah dibersihkan.

4. Aci Dinding

Aci dinding adalah hal yang sangat sederhana, tetapi meskipun aci dinding ini pekerjaannya secara  sederhana, untuk hasil acian pada dinding yang bagus dan memuaskan maka harus menggunakan proses – proses yang baik agar hasil nya menjadi baik pula. Proses aci dinding yaitu :

  • Memperhatikan plester dinding yang akan di aci, karena acian bisa bagus juga karena plester yang sudah ada. Hasil plester yang baik akan menghasilkan acian yang baik pula.
  • Plester yang halus dan rata juga mempengaruhi bahan acian. Semakin halus plesteran maka acian akan semakin hemat, dan sebaliknya. Jika plesteran menggunakan pasir yang ber lumpur maka plesteran akan menyusut dan bisa dinding mudah retak.
  • Sebelum melakukan acian maka harus di perhatikan bahwa plesteran sudah kering. Acian dinding dilakukan jika plesteran sudah lama sekitar 2 sampai 3 minggu untuk bagian dinding yang dalam dan jika untuk dinding bagian luar bisa anda aci jika plesteran sudah dibuat sekitar 2 minggu sebelumnya. Jangan sesekali mencoba aci dinding sebelum plesteran kering karena bisa menyebabkan keretakan pada dindingnya.
  • Plesteran yang kering bisa mempengaruhi hal yang buruk pada hasil acian
  • Basai plesteran dengan air sebelum melakukan acian agar acian tidak cepat kering. Karena semen yang digunakan juga membutuhkan air untuk proses hidrasi. Apabila acian terlalu keri dalam pembuatan nya maka hasil acian akan mudah berdebu.
  • Tebal pada acian akan mempengaruhi hasilnya nanti. Tebal acian yang biasa di gunakan adalah 1 – 3 mm jika kurang dari itu maka pengeringan acian terlalu cepat. Jika lapisan pertama ketebalan nya kurang dari 1 mm maka akan terlalu cepat kering dan harus di lakukan acian selanjutnya hingga sampai batas minimal.
  • Apabila pada plesteran terdapat banyak lubang maka sebelum dilakukan acian sebaiknya menutupi lubang – lubang terlebih dahulu.

5. Pemasangan Lantai dengan Keramik

Keramik salah satu untuk memperindah penampilan dalam suatu ruangan. Agar yang akan menempati sebuah ruko nanti lebih nyaman. Keramik yang akan dipasang pada lantai biasanya menyesuaikan warna dinding, yang sering di gunakan untuk ruko adalah keramik yang berukuran standar 40 x 40 dan warna yang natural yaitu warna putih.

Pemasangan keramik juga tidak terlalu sulit, seperti berikut :

  • Meratakan tanah dasar agar nantinya tidak mengalami keropos, Bisa juga menambahkan pasir diatas tanah agar lebih rata.
  • Setelah dipastikan rata langsung saja memasang garis bantu untuk pemasangan keramik.
  • Oleskan semen yang sudah diberi air ke bawah keramik yang akan di pasang, agar keramik bisa merekat dengan permukaan lantai.
  • Tekan keramik dengan kuat agar keramik dan dasarnya bisa menempel dengan sempurna.
  • Kemudian memberi sedikit demi sedikit di sela – sela keramik agar bisa menutupi lapisan dasar yang tidak tertutup keramik.

Baca Juga Jasa Bongkar Pasang Keramik

6. Membuat Kamar mandi, Dinding Keramik, dan Lantai Keramik

Kamar mandi adalah area yang sangat lembab karena sering terkena air sehingga pada daerah kamar mandi ini lebih bagus di kelilingi dengan keramik agar dinding lebih awet dan tidak mudah ber jamur atau berlumut. Jika dinding kamar mandi menggunakan keramik dan jika terkena jamur maka proses pembersihan nya akan lebih mudah hanya dengan di sikat saja.

7. Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela

Setelah semua rapi da selesai maka selanjutnya akan memasang kusen – kusen pintu dan jendela. Karena setiap ruko pasti memakai pintu dan jendela juga. jendela yang berfungsi sebagai fentilasi udara sehari – hari.

8. Melakukan pengecatan

Proses pengecatan untuk membuat semua ruangan menjadi indah dan nyaman. Pengecatan bisa di lakukan di semua ruangan seperti depan , ruang tengah, kamar mandi dan pada bagian atas nya.

Baca juga  Tukang Cat Jakarta

9. Finishing

Finishing adalah proses akhir dalam pembuatan ruko, yaitu mengecek apakah semua sudah tertata dengan rapi dan sempurna atau belum. dan melakukan bersih – bersih agar nanti bisa langsung di tempati oleh pemiliknya.

Berikut adalah jasa bangun ruko yang biasanya kami lakukan. Jika anda ingin menggunakan jasa kami maka anda bisa menghubungi kami, kami akan menjelaskan kepada anda lebih detail lagi. Kami akan memberikan harga yang sangat bersahabat dengan kantong anda dan memberikan hasil yang berkualitas sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Baca Juga

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
kontraktor
Hubungi Kami
kontak

Pro Kontraktor

Kp Belakang Kel. Kamal RT 003/003 No.1
Kalideres, Jakarta Barat 11810

Pelaksana Proyek:
Phone 1 : 0853 6826 5989
Phone 2 : 0896 0461 1178
Phone 3 : 0813 1444 0757
Phone 4 : 0856 196 1980
Email : prokontraktor45@gmail.com